Jumat, 01 Maret 2013

Peranan Teknologi Informasi Dalam Berbagai Bidang Kehidupan

a. Bidang Pendidikan
Pernahkah terpikir olehmu bahwa suatu saat kamu belajar tanpa harus pergi ke sekolah? Apakah kamu pernah mendengar istilah home schooling? Itulah jawaban dari pertanyaan tersebut. Salah satu metode belajar di home schooling adalah metode belajar jarak jauh melalui internet atau sering disebut dengan e-Learning. Kamu dapat berinteraksi dengan gurumu tanpa harus bertatap muka langsung yakni melalui diskusi online. Kamu dapat mempelajari suatu topik mata pelajaran dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan gurumu melalui internet.

Perpustakaan online saat ini juga banyak disediakan melalui media internet. Kamu dapat melihat isi perpustakaan di tempat lain tanpa datang langsung ke perpustakaan tersebut. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas dari suatu mata pelajaran, jangan segan-segan menggunakan internet untuk mengatasi kesulitanmu itu.

b. Bidang Ekonomi
Pasar tradisional, supermarket, swalayan, sampai mal merupakan tempat bertemunya penjual dengan pembeli untuk melakukan transaksi. Namun, pernahkah terpikir olehmu ketika kamu sibuk sehingga tidak ada waktu untuk pergi berbelanja sementara kamu sangat membutuhkan suatu barang? Apa yang akan kamu lakukan? Nah, pada saat seperti itulah kamu membutuhkan jasa penyedia dan pengantar barang-barang yang kamu butuhkan.

Melalui internet, jasa tersebut sudah banyak tersedia. Layanan ini dinamakan e-comerse (Electronic Comerse) atau perdagangan elektronik. Kamu dapat membeli barang tanpa harus pergi ke toko atau pasar. Internet memungkinkan pihak yang terlibat transaksi dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan biaya yang relatif murah. Cara pembayarannya pun sangat mudah dengan transfer melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau menggunakan kartu kredit ( Credit Card). Selanjutnya dalam jangka waktu yang sudah disepakati barang akan dikirim.

c. Bidang Pertanian
Saat ini bidang pertanian juga menggunakan TIK. Departemen Pertanian telah memanfaatkan internet sebagai sarana untuk menyebarkan informasi ke seluruh petani
di Indonesia. Seperti yang terjadi saat ini, petani Indonesia dihadapkan dengan banyak
kendala. Mulai dari lahan, musim, hama, wabah penyakit, pupuk, bibit, bahkan bencana
alam. Kendala-kendala tersebut berbeda dari satu daerah dengan daerah yang lainnya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, selain terjun langsung ke lokasi, Departemen
Pertanian juga menyediakan situs yang memuat segala informasi yang dibutuhkan para petani di Indonesia. Informasi yang termuat di situs tersebut diantaranya, kiat bertani di lahan kering, teknologi pertanian yang tepat guna, pemakaian pupuk yang tepat, dan tanaman yang laku di pasaran.

d. Bidang Politik
Fasilitas TIK yang diwakili dengan adanya internet membuat semuanya menjadi sumber informasi. Kamu dapat menuangkan gagasan dan pendapatmu dalam bentuk teks, gambar, suara, atau gabungan dari ketiganya. Hal yang kamu ungkapkan tersebut dapat menjadi sumber informasi bagi orang lain. Bahkan, pendapat kamu secara tidak langsung menjadi syarat dasar demokrasi. Masih ingatkah kamu bahwa syarat demokrasi adalah bebas mengemukakan pendapat?

TIK juga mempunyai peranan dalam proses demokrasi. Misalnya pemilihan kepala
daerah (pilkada) atau pemilihan umum (pemilu). Banyak lembaga survei melakukan
sistem penghitungan suaranya dengan sistem quick count. Melalui sistem itu kamu
dapat melihat hasil proses penghitungan secara cepat.

Proses pemilu pun juga menggunakan kemajuan TIK. Mulai dari pendaftaran partai politik, pendaftaran calon pemilih, kampanye, sampai pendaftaran caleg menggunakan
TIK. Pernahkah kamu membayangkan seandainya pemilu sekarang dilakukan secara
manual tanpa menggunakan TIK? Masih mungkinkah dilakukan dengan cepat sesuai
jadwal pemilu yang ditetapkan KPU dengan begitu banyaknya calon partai peserta
pemilu, caleg, dan calon pemilih? Nah, sekarang kamu mengerti begitu bermanfaatnya
TIK dalam bidang politik. Saat ini lembaga survei kita pun sudah menerapkan sistem
quick count dalam penghitungan hasil pemilu.

e. Bidang Kesehatan
Fasilitas TIK digunakan juga dalam bidang kesehatan. TIK sangat bermanfaat untuk
pengobatan jarak jauh. Misalnya, puskemas di daerah terpencil dapat memanfaatkan TIK untuk berkonsultasi, diagnosis, dan pengobatan dengan dokter di kota. Dokter-dokter di daerah terpencil juga dapat meningkatkan keterampilan dan pengalaman profesional teman sejawatnya dengan menggunakan TIK.

Bahkan, sekarang sudah ada situs yang dapat mengukur kesehatanmu. Setelah mengikuti instruksi yang ada dalam situs tersebut, kamu dapat mengetahui kesehatanmu. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui internet, misalnya situs di bawah ini. Kamu dapat melihat informasi seputar pengobatan herbal. Saat ini beberapa rumah sakit juga memanfaatkan internet untuk memuat situs mereka.

f. Bidang Pemerintahan
Pentingnya teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya terlihat di dunia bisnis saja.
Di bidang pemerintahan, peran teknologi informasi dan komunikasi juga sangat penting.
Kegiatan-kegiatan pemerintahan banyak memanfaatkan teknologi ini. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pemerintahan dikenal dengan istilah e-government atau e-gov ( electronic government). Beberapa pemerintah, baik propinsi maupun kabupaten telah memanfaatkan teknologi ini. Begitu juga dengan beberapa departemen. Teknologi informasi dan komunikasi ini sangat penting dalam menjalin hubungan pemerintah dengan pihak-pihak lain.

Pemanfaatan teknologi dan komunikasi di bidang pemerintahan mencakup tiga hubungan yang dikenal, yaitu : G2C ( Government to Citizen), G2B ( Government to Business), dan G2G ( Government to Government).

Government to Citizen adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk
melayani kebutuhan masyarakat luas. Misalnya saja kantor pelayanan pajak. Untuk membayar pajak, biasanya si wajib pajak harus mempunyai NPWP. Pernahkah kamu mendengar NPWP?

NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak. Pendaftaran NPWP saat ini dapat dilayani secara online. Situs yang melayaninya adalah www.pajak.go.id. Government to Business adalah pemanfaatan teknologi dan komunikasi untuk melayani kebutuhan dunia usaha. Misalnya saja permintaan data-data statistik yang dibutuhkan oleh dunia usaha. Situs yang menyediakan layanan ini adalah www.bps.go.id.

Government to Government adalah pemanfaatan teknologi dan komunikasi untuk melayani kebutuhan antar pemerintah seperti lembaga pemerintahan lain atau departemen lain.

g. Bidang Kebudayaan
TIK dapat digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan kebudayaan bangsa kita. Kamu dapat membuat situs yang memuat foto-foto kesenian tradisional, tempat pariwisata, dan hasil-hasil kerajinan bangsa kita. Jika situs tersebut diakses di luar negeri maka secara tidak langsung kamu mempromosikan budaya bangsa kita. Jika budaya kita banyak dikenal oleh dunia internasional, tentu tidak sedikit keuntungan yang kita peroleh. Diantaranya banyak para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia karena ketertarikan mereka pada kebudayaan dan keindahan negeri kita tercinta. Selain itu, produk-produk hasil karya bangsa sendiri juga lebih dikenal di dunia internasional. Tentu saja hal ini dapat meningkatkan ekspor dan menambah devisa negara kita. Berikut ini contoh situs yang mempromosikan kebudayaan melalui dunia pariwisata.

h. Bidang Tenaga Kerja
TIK merupakan sarana yang bagus dalam penyediaan informasi pekerjaan bagi yang
membutuhkan. Apakah kamu mempunyai saudara yang sedang mencari kerja atau mencari karyawan? TIK dapat membantu memecahkan permasalahan tersebut. Ada banyak situs yang disediakan bagi pencari kerja maupun pencari karyawan. Contoh situs para pencari kerja maupun karyawan adalah www.karir.com atau di www.jobsdb.com. Beberapa situs penyedia informasi kerja sudah cukup lama dan menjadi andalan untuk para job seeker (pencari kerja) untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka minati.

3 comments:

Saya mengatakan...

thank you buat informasi nya

tahitian noni mengatakan...

benar teknologi sangat berperan penting buat kehidupan, setiap dapat dilakukan dengan lebih mudah. terimakasih Informasinya gan

Anisa Puspita mengatakan...

Kalau bidang hiburan termasuk tidak?

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes